Selasa

Sampah


Aku hanya … sampah
Yang berserakan di pinggir jalan
Aku dikerubungi lalat-lalat
Dan …
Orang melihat aku jijik
Aku … orang
Aku tidak …
… semua
(Yuan MP)
(Bobo, XXXIV 25 Mei 2006)


LEGENDA GUNUNG TANGKUBAN PERAHU


Pada zaman dahulu, ada seorang raja yang tidak mempunyai
anak. Nama raja itu adalah Prabu Barmawijaya. Kerajaannya
terletak di daerah Priangan, Jawa Barat. Ketika sedang berburu,
raja itu ingin buang air kecil. Tanpa disengaja, air seninya
tertampung di dalam tempurung kelapa.
Kemudian, air seni itu diminum oleh seekor babi hutan
betina. Akibatnya, babi itu mengandung. Ia melahirkan anak
wanita yang sangat cantik. Anak itu ditemukan oleh raja ketika
sedang berburu. Dia diangkat sebagai putri. Namanya Dayang
Sumbi.
Setelah dewasa, Dayang Sumbi menyendiri di hutan. Di
tempat itu, dia menenun kain. Ketika sedang menenun, anak
toraknya jatuh masuk kolong. Dia malas untuk
mengambilnya karena letih. Tanpa berpikir ia mengeluarkan
janji. Siapa saja yang dapat memungut torak akan diberi
hadiah. Jika perempuan dijadikan saudara dan jika laki-laki
dijadikan suami. Tumang, anjing kesayangannya berhasil
mengambil torak itu. Akhirnya, Tumang dijadikan suaminya.
Dayang Sumbi dan Tumang mempunyai anak yang
tampan. Namanya Sangkuriang. Namun, Sangkuriang
mengecewakan orang tuanya. Dia membunuh ayahnya.
Akhirnya, Sangkuriang diusir ibunya.
Setelah dewasa, Sangkuriang kembali ke kampung. Ia
bertemu dengan wanita yang sangat cantik. Keduanya jatuh
cinta. Akan tetapi, wanita itu tahu kalau laki-laki itu anaknya.
Wanita itu adalah Dayang Sumbi. Dayang Sumbi tidak mau
menikah. Ia menyuruh Sangkuriang membuat perahu dalam
satu malam. Sangkuriang sangat sakti. Dia akan dapat
melakukan permintaan Dayang Sumbi. Akan tetapi, Dayang
Sumbi berusaha menggagalkannya.
Dayang Sumbi berhasil menggagalkan usaha putranya. Di
tengah malam, Dayang Sumbi menumbuk padi. Itu
membuat ayam-ayam jago di desanya berkokok. Ayam jago
mengira hari sudah pagi. Dayang Sumbi juga membuat fajar
di ufuk timur. Caranya dengan melambai-lambaikan
selembar selendang putih.
Sangkuriang kecewa mengira tugasnya gagal. Ia
menyepak perahu yang hampir selesai itu. Perahu terbalik
dan menimpa dirinya.
(James Danandjaja. . Hal. 79-80. Dengan
pengubahan seperlunya)
Folklor Indonesi



ULANG TAHUNKU DI SEKOLAH


Jam dinding menunjukkan pukul lima pagi.
Aku bangun dan mengambil air wudhu.
Aku salat subuh. Aku memohon kepada Tuhan agar panjang
umur dan murah rejeki.
Aku buru-buru mandi dan memakai seragam sekolah. Ibu
menegurku, “Intan, ini kan masih terlalu pagi?” Aku tidak
peduli kalau hari masih pagi. Aku ingin segera ke sekolah.
Teman-temanku pasti sudah bersiap-siap. Mereka akan
mengucapkan selamat untukku.
Aku berpamitan kepada Ibu dan Ayah. Aku tidak sarapan.
Rasanya perutku tidak lapar. Aku berlari-lari kecil menuju
sekolah. Di sepanjang jalan, aku tersenyum-senyum. Aku
membayangkan kejutan dari teman-teman.
Hari ini adalah
hari ulang tahunku
Di sekolah, teman-temanku tidak peduli. Aku berpikir,
mungkin mereka lupa. Akan tetapi, semua tanggal ulang
tahun masih tertempel di dinding kelas. Apakah mereka tidak
memperhatikan aku? Aku sedih sekali.
Sepanjang pelajaran, aku tidak dapat konsentrasi. Aku
terus memikirkan sikap teman-teman. Bahkan teman
sebangkuku pun tidak peduli. Aku sangat sedih. Ternyata,
mereka tidak ingat hari ulang tahunku.
Bel pulang sekolah berbunyi. Aku memasukkan semua
buku ke dalam tas. Kami berdua pulang. Ketika aku berdiri
hendak keluar kelas, Ani memanggilku. Dia mengajakku ke
lapangan sekolah. Kata Ani jepitnya lepas di lapangan. Dia
memintaku untuk menemani mencari jepitnya yang hilang.
Setelah lama mencari, jepit tidak ditemukan. Kami pun
menghentikan pencarian. Aku hendak pulang. Ani tidak
mengizinkan aku pulang. Ani mengajakku ke kelas. Mungkin
jepit Ani hilang di kelas.
Aku dan Ani membuka pintu kelas. Tiba-tiba, terdengar
lagu selamat ulang tahun. Selain itu, ada kue ulang tahun di
meja guru.
Di kelas sudah ada Bu Sofi, wali kelas kami. Mereka
memberikan ucapan selamat. Aku sangat terharu. Mereka
tidak melupakan aku. Mereka sayang aku. Mereka
memberiku kejutan. Aku telah salah sangka. Aku gembira
sekali.



Pendekar Takut Air

Ozi baru duduk di kelas tiga SD. Di sekolah, ia memilih
pencak silat untuk kegiatan ekstrakurikulernya. Kegiatan itu
diadakan setiap hari Sabtu. Ozi memilih pencak silat karena
ingin badannya sehat dan kuat. Hampir setiap hari Ozi
berlatih di rumah. Saat berlatih, dia sering mengganggu
keluarganya.
Gayanya seperti pendekar dalam film di televisi. Pukul
sana, tendang sini, lompat sana, lompat sini. Rumah
menjadi sepi jika Ozi tidak ada. Ibu tidak berteriak-teriak
lagi. Mbak Ifa bisa membaca buku dengan tenang. Namun,
anehnya, mereka merasa sepi kalau Ozi tidak di rumah.
Ibu, Ayah, dan Ifa sangat menyayangi Ozi. Ia pandai di
sekolah, lucu dan banyak temannya. Akan tetapi, ada satu
kekurangan Ozi. Ia paling malas kalau disuruh mandi. Ozi
selalu punya banyak alasan jika disuruh mandi. Kemalasan
Ozi ini tidak hanya terjadi sore hari. Setiap pagi pun ibu
harus membujuk Ozi untuk mandi. Padahal, Ozi masuk pagi.
Sabtu pagi, Ozi tidak segera mandi. Bangun tidur, ia asyik
bermain mobil-mobilan. Tahu-tahu, waktu sudah
menunjukkan pukul 6.25 WIB. Dengan terburu-buru, Ozi
bersiap-siap ke sekolah. Dia lupa sarapan.
Setiba di sekolah, Ozi langsung ikut latihan silat. Ia
mengikuti gerakan gurunya dengan bersemangat. Lima
menit sudah berlalu. Keringat Ozi bercucuran. Namun, tak
lama kemudian badannya terasa gemetar, lemas, dan
matanya berkunang-kunang. Sesaat kemudian, Ozi pingsan.
Pak Guru membawa Ozi ke ruang guru. Pakaiannya dibuka
dan tubuhnya dibalur minyak kayu putih. Tak berapa lama
kemudian Ozi sadar. Pak Guru memberinya minum teh
hangat.
Lalu, Pak Guru mengantar Ozi pulang. Pak Guru
memberitahu keadaan Ozi kepada ibu. Ibu menjadi sangat
khawatir.

(Bobo, Tahun XXXI, 1 April 2004, dengan pengubahan seperlunya)

Rama Harimau


”Biar saja semut itu mati, lagipula para
semut memang terlalu lemah untuk hidup”,
kata si Loreng dengan sombong.
”Di mana-mana yang kuat akan selalu
dapat bertahan hidup”, lanjutnya.
Namun si Loreng tidak tahu kalau
semut merah itu selamat dan mengadukan
perbuatan si Loreng ke Rama Harimau.
Begitu si Loreng pulang, Rama Harimau
langsung menegurnya dengan sangat keras.
Sumber: Repro KR
Rama Harimau
Di sebuah hutan rimba hiduplah seekor
harimau besar yang dijuluki Rama Harimau.
Rama Harimau terkenal sangat bijaksana
dan baik hati. Meskipun ia dikenal sebagai
hewan yang kuat, tetapi ia tidak sombong
dengan kelebihannya itu. Karena itulah ia
dipilih sebagai pemimpin seluruh binatang
di hutan.
Rama Harimau mempunyai putra
namanya si Loreng. Tidak seperti Rama
Harimau yang terkenal sangat bijaksana dan
juga dikagumi hewan-hewan di hutan, si
Loreng dibenci binatang di hutan. Selain
sangat jahil, dia juga sangat sombong. Sering
si Loreng menindas binatang yang ada di
hutan. Suatu hari si Loreng menemukan
sarang semut merah. Segera sarang semut
itu ia tutup menggunakan batu.
”Maafkan Loreng, Rama. Loreng
berjanji tidak akan mengulangi perbuatan
seperti itu lagi.”
”Rama memaafkan kau, Loreng. Tapi
kau harus dihukum atas kesalahan yang
telah kau lakukan.” kata Rama Harimau. Si
Loreng hanya mengangguk pasrah.
Esoknya, dengan disaksikan seluruh
penghuni hutan, Rama Harimau menghukum
si Loreng. Ia harus masuk ke dalam sebuah
gua dalam waktu tiga hari dan pintu guanya
akan ditutup dengan batu. Rama Harimau
berharap putranya itu dapat merasakan
penderitaan yang pernah dialami semut
merah. Rama Harimau juga berharap agar
putranya dapat mengubah sikap buruknya.
Dengan dihukumnya si Loreng, para
binatang di hutan semakin menghormati
Rama Harimau. Tindakan Rama Harimau
mencerminkan kebijaksanaannya. Meskipun
yang bersalah anaknya sendiri, ia tidak
segan-segan menghukumnya dengan
hukuman setimpal. Setelah menjalani
hukuman, watak si Loreng mulai berubah.
Ia tak lagi sombong dan jahil. Kini ia mulai
meneladani sikap Rama Harimau, ayahnya.

Sumber: Kedaulatan Rakyat

JAKARTA CHARTER ( Piagam Jakarta )


Piagam Jakarta
Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa,
dan oleh sebab itu maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan,
karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.
Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah
kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentosa mengantarkan
rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang Negara Indonesia
yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur.
Atas berkat Rahmat Allah Maha Kuasa dan dengan didorongkan
oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas,
maka rakyat Indonesia dengan menyatakan kemerdekaanya.
Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu Pemerintahan
Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan
seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan
umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan
ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian
abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah kemerdekaan Indonesia
itu dalam suatu hukum dasar Negara Indonesia yang terbentuk dalam
suatu susunan Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan
rakyat dengan berdasar kepada: Ketuhanan dengan kewajiban
menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya, menurut dasar
kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia dan kerakyatan
yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan
perwakilan, serta dengan mewujudkan keadilan
sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

PKN E62



A. Pilihlah satu jawaban yang benar!
1. Organisasi perdagangan sedunia disebut ....
a. WTO
b. WHO
c. FAO
d. ILO
2. Landasan politik luar negeri Indonesia adalah ....
a. undang-undang
c. Tap. MPR
b. Pancasila
d. keputusan presiden
3. Kedutaan Besar Republik Indonesia dipimpin oleh ....
a. atase
b. konjen
c. Menteri Luar negeri
d. duta besar
Pelatihan
Peran Indonesia dalam Era Globalisasi
4. Konsulat jenderal dipimpin oleh ....
a. atase perdagangan
b. atase teknik
c. konsul
d. atase pertahanan
5. Dalam mengangkat duta besar, presiden memperhatikan pertimbangan ....
a. Menteri Luar Negeri
b. DPR
c. MPR
d. Menteri Dalam Negeri
6. Penggagas Konfererensi Asia Afrika 1955 adalah ....
a. Perdana Menteri Ali Sastroamijoyo
b Perdana Menteri Mohammad Ali Jinnah
c. Perdana Menteri U Nu
d. Perdana Menteri Pandith Jawaharlal Nehru
7. Negara yang diundang dalam Konferensi Asia Afrika pada tanggal 18
April 1955 adalah ....
a. 28 negara
b. 30 negara
c. 29 negara
d. 31 negara
8. KTT GNB I dilaksanakan di kota ....
a. Jakarta
b. Beograd
c. New Delhi
d. Kolombo
9. Pasukan penjaga perdamaian Indonesia yang bertugas di bawah komando
PBB disebut ....
a. pasukan Marinir
b. pasukan RPKAD
c. pasukan Garuda
d. pasukan Brimob
10. Hubungan luar negeri yang melibatkan banyak negara disebut ...
a. lokal
b. regional
c. nasional
d. multilateral

Kelas E64


Isilah dengan jawaban yang benar!
1. Kebijakan suatu negara untuk mengatur hubungan luar negeri disebut ….
2. Politik luar negeri ditujukan untuk kepentingan ….
3. Politik luar negeri Indonesia adalah ….
4. Duta besar diangkat oleh ….
5. Dalam menjalankan tugasnya, diplomat dikoordinasikan oleh ….

Kelas E63


Jawablah dengan singkat dan benar!
1. Apakah yang dimaksud politik luar negeri?
2. Mengapa politik luar negeri Indonesia bebas aktif?
3. Sebutkan landasan politik luar negeri Indonesia!
4. Berupa apa saja perwakilan Indonesia di luar negeri?
5. Sebutkan contoh peranan politik luar negeri Indonesia dalam bidang politik!

Kelas E62


Jawablah dengan benar!
1. Apakah yang dimaksud politik luar negeri Indonesia bebas aktif!
2. Berilah contoh peran Indonesia di lingkungan negara-negara Asia Tenggara!
3. Sebutkan secara lengkap anggota ASEAN sekarang ini!
4. Berilah contoh kekebalan diplomatik!
5. Berilah contoh peranan politik luar negeri Indonesia dalam percaturan
internasional

PKN E61


Isilah dengan jawaban yang benar!
1. Para diplomat dikoordinasi oleh Departemen ….
2. Hubungan luar negeri yang melibatkan dua negera disebut ….
3. Pelaksana kebijakan luar negeri disebut sebagai ….
4. “Presiden mengangkat duta dan konsul.” Kalimat tersebut terdapat dalam
UUD 1945 Pasal … Ayat ….
5. Landasan konstitusional politik luar negeri Indonesia terdapat dalam ….
6. “Jakarta Informal Meeting” merupakan upaya Indonesia dalam menyelesaikan
masalah ….
7. ASEAN merupakan kerja sama negara-negara di kawasan ….
8. Bahasa nasional Filipina adalah ….
9. Menteri Luar Negeri Malaysia yang ikut menandatangani Deklarasi
Bangkok adalah ….
10. Lambang ASEAN adalah ….

Kelas PG61


A. Pilihlah jawaban yang benar!
1. Berdirinya ASEAN ditandai dengan ditandatanganinya ….
a. Deklarasi Jakarta c. Deklarasi Manila
b. Deklarsai Bangkok d. Deklarasi Kuala Lumpur
2. Tukar-menukar misi kesenian dalam ASEAN merupakan kerja sama
dalam bidang ….
a. politik c. kebudayaan
b. ekonomi d. keamanan
3. Sekretariat Tetap ASEAN berada di ….
a. Jakarta c. Manila
b. Bangkok d. Bandar Sri Begawan
4. Pada tahun 1967 jumlah anggota ASEAN adalah ….
a. 4 negara c. 6 negara
b. 5 negara d. 7 negara
5. Negara anggota ASEAN yang tidak mengalami penjajahan bangsa Barat
adalah ….
a. Indonesia c. Brunei Darussalam
b. Malaysia d. Thailand
6. Ibu kota negara Myanmar adalah ….
a. Bangkok c. Yangon
b. Phnom Pen d. Vientiane
7. Mata uang negara Laos adalah ….
a. dong c. new kip
b. kyat d. riel
8. Sekjen ASEAN yang pertama berasal dari negara ….
a. Indonesia c. Malaysia
b. Filipina d. Singapura
9. Menteri Luar Negeri Indonesia yang menandatangani Deklarasi Bangkok
adalah ….
a. Mochtar Kusumaatmaja c. Ali Alatas
b. Adam Malik d. Hasan Wirayudha
10. Peran Indonesia di lingkungan negara-negara ASEAN adalah ….
a. sebagai pemprakarsa berdirinya Gerakan Nonblok
b. sebagai pemprakarsa terbentuknya ASEAN
c. sebagai pemprakarsa terbentuknya APEC
d. sebagai pemprakarsa terbentuknya OPEC
11. Bentuk negara Thailand adalah ….
a. kerajaan c. republik
b. kesatuan d. serikat
12. Kepala pemerintahan negara Filipina adalah ….
a. raja c. perdana menteri
b. ratu d. presiden
13. Perhatikan tabel berikut ini!
Berdasarkan tabel di atas negara-negara anggota ASEAN yang berbentuk
kerajaan adalah ….
a. 1, 2, dan 3 c. 2, 3, dan 5
b. 2, 3, dan 4 d. 3, 4, dan 5
14. Memajukan perdagangan di lingkungan ASEAN termasuk kerja sama
dalam bidang ….
a. ekonomi c. politik
b. sosial d. budaya
15. Brunei Darussalam bergabung sebagai anggota ASEAN yang ….
a. ke-9 c. ke-7
b. ke-8 d. ke-6
16. Arah kebijakan suatu negara untuk mengatur hubungan luar negeri
disebut ….
a. politik luar negeri c. politik dalam negeri
b. politik ekonomi d. politik ideologi
17. Politik luar negeri Indonesia bebas aktif. Bebas, artinya ….
a. bebas memilih salah satu blok
b. tidak memihak salah satu blok
c. bisa menjalin hubungan dengan negara lain
d. dapat mencampuri urusan dalam negeri negara lain
18. Indonesia pernah menjadi tuan rumah KKT Nonblok pada tahun ….
a. 1990 c. 1992
b. 1991 d. 1993
19. Politik luar negeri Indonesia diabdikan untuk kepentingan ….
a. pribadi c. pejabat pemerintah
b. Departemen Luar Negeri d. nasional
20. Duta besar diangkat oleh ….
a. presiden c. DPR
b. Menteri Luar Negeri d. Departemen Luar Negeri
21. Untuk menjaga perdamaian di negara yang sedang mengalami konflik,
Indonesia mengirim….
a. pasukan antihuru-hara c. pasukan berani mati
b. pasukan Garuda d. pasukan tempur
22. Pertukaran perwakilan diplomatik merupakan kerja sama dalam bidang
….
a. ekonomi c. politik
b. sosial d. pertahanan
23. Konsulat dipimpin oleh seorang ….
a. konsul c. duta besar
b. atase d. konsulat jenderal
24. Konferensi Asia Afrika 1955 diselenggarakan di kota ….
a. Jakarta c. Bandung
b. Bogor d. Cirebon
25. Atase pertahanan melaksanakan tugas dalam bidang ….
a. politik c. perdagangan
b. pendidikan d. pertahanan

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes