Senin

Teks Wawancara Kelas 5


Penari
Rudi & Mira : “Selamat sore Ita. Wah, asyik sekali lenggak-lenggok
mengikuti irama!”
Ita : “Sore ….“ (sembari mematikan tape)”Tumben, jam-jam
begini kalian kemari. Biasanya, kan, jika penting saja?”
Mira : “Jelas, dong. Kamu bisa menebak maksud kedatangan
kami”.
Rudi : “Iya coba tebak, kamu sekarang, kan, beda.”
Ita: “Udah ah! Ada apa, sih? Penasaran, nih.”
Rud i : “Begini, Ta, kami siswa-siswi kelas V SD Harapan 02
ingin mengikuti jejakmu supaya berhasil meraih prestasi
yang bagus dalam bidang seni, khususnya tari.”
Mira : “Apa kiatmu meraih sukses, Ta?”
Ita : “Wuiih, kayak selebritis aja. Aku jadi malu, nih!
Kuncinya jawaban pertanyaanmu sudah ada di hati kita
masing-masing. Antara lain kemauan, ketekunan,
kesungguhan, dan kedisiplinan dalam berlatih. Yang lebih
penting lagi, kita jangan mendadak latihan saat menjelang
lomba. Sebaiknya, latihan rutin telah dijadwal baik ada
lomba atau tidak ada lomba.”
Rud i : “Jika menjelang lomba, apakah jadwal latihanmu tidak
ditambah?”
Mira : “Iya, Ta. Biasanya latihan ditambah, bukan begitu?”
Ita : “Benar Rud, Mir. Tetapi penambahan jadwal latihan
menjelang lomba tidak terlalu banyak. Jika tidak
diperhitungkan, bisa-bisa kita kecapaian dan sakit. Gagal
deh, nggak jadi ikut lomba, ya, kan?”
Rudi : “Nah, benar, kan, apa yang kubilang tadi? Ita sekarang
beda!”
Ita : “Ah, kamu Rud. Ya nggaklah!”
Mira : “Bener Ta, dulu kamu kan pemalu dan gampang nangis
alias cengeng. E.. e... nggak tahunya sekarang jadi penari
terkenal, pinter lagi.”
Ita : “Makasih ......... amiiin. Lagi-lagi aku tersanjung, nih!”
Rudi : “Oh ya, Ta. Apakah ada pantangan khusus yang bisa
menyebabkan kegagalan jika dilanggar?”
Ita : “Kalau makanan, pokoknya makan makanan yang bergizi.
Soal waktu latihan, ya diatur supaya pelajaran lain juga
kebagian. Dan yang tidak kalah penting yaitu harus
menguasai kemampuan dasar.”
Rudi : “Oh, ya . Kemampuan dasar harus dikuasai dulu ”
Ita : “Iyyaa, Rud. Iih, Rudi ........... kayak reporter aja!”
Rudi : “terimakasih juga, Ta, atas informasi dan kuenya.”
Mira : “Terimakasih ya, Ta. Kami mohon pamit, PR di rumah
sudah menanti dan tugas-tugas yang lain juga banyak.”
Ita : “Sama-sama, hati-hati di jalan yaaa ....................”
mengenai waktu dan tempatnya.

Bahasa Sunda 1b


Rencara Pelaksanaan Pembelajaran ( 2 )

Mata Pelajaran : Bahasa Sunda
Kelas / Semester : 5 ( lima ) / 1
Pertemuan ke : 1 dan 2
Alokasi Waktu : 4 x 35


Standar Kompetensi :

5.2. Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara lisan mengangapi suatu persoalan, berwawancara, mendeskripsikan benda atau alat, menyampaikan pendapat, menyimpulkan isi dialog, memerankan drama pendek.

Kompetensi Dasar

5.2.1.Menaggapi suatu persoalan atau peristiwa.


Indikator

Ngajelaskeun masalah atawa kajadian di sakola ku basa nu puguh entep seureuhna
• Nyieun tanggapan kana eta pasualan/ kajadian.
• Mere saran atawa komentar dibarengan ku merhatikeun alesan nu kaharti ku akal.


Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat :
Menjelaskan masalah atau peristiwa yang terjadi di sekolah.
• Membuat tanggapan terhadap suatu masalah atau peristiwa.
• Memberikan saran terhadap kejadian tersebut dengan alasan yang masuk di akal.


Materi Pokok

• Kajadian di sakola.

Metoda Pembelajaran

Ceramah.
• Tanya jawab
• Pemberian tugas


Langkah-langkah Pembelajaran

A. Kegiatan Awal.
• Berdoa, mempersiapkan, materi ajar.
• Memeriksa Pekerjaan Rumah..
• Apersepsi.

B. Kegiatan Inti
• Maca atawa merhatikeun hiji pasualan/ kajadian.
• Ngajelaskeun pasualan/ kajadian ku basa nu runtut.
• Nyieun Tanggapan kana eta kajadian atawa pasualan.
• Mere saran jeung solusi kana eta kajadian.
• Ngomentaran kana saran nu diajukeun babaturan.

C. Kegiatan Akhir.
• Membuat kesimpulan dari materi yang telah disampaikan.
• Memberikan penilaian dan pemberian PR.

Alat dan Sumber

• Tek wacana.
• Buku paket penerbit geger sunten.

Penilaian

Teknik : Tes lisan
Bentuk : Kinerja


Bahasa Sunda 1a


Rencara Pelaksanaan Pembelajaran ( 1 )

Mata Pelajaran : Bahasa Sunda
Kelas / Semester : 5 ( lima ) / 1
Pertemuan ke : 1 sampai dengan 4
Alokasi Waktu : 8 x 35


Standar Kompetensi :

5.1. Mampu menyimak, memahami dan menanggapi berbagai berbagai jenis wacana lisan yang berupa penjelasan dari narasumber, pesan melalui telepon dan membaca cerita pendek.

Kompetensi Dasar

5.1.1.Menyimak penjelasan dari narasumber.
5.1.2 Menyimak pesan lewat tatap muka atau telepon dan mencatat pesan.

Indikator

• Nuliskeun pokok-pokok caritaan sumber.
• Nyieun pertanyaan anu larap jeung poko-poko caritaan.
• Nyieun tanggapan kana eusi katerangan nara sumber jeung merhatikeun tata basa nu digunakaeun .
• Nuliskeun hal pokok tina pesen anu ditepikeun.
• Nyieun tanggapan kana eusi kalimah.
• Nepikeun deui pesen/ amanat secar lisan.

Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat :
• Menuliskan hal-hal pokok cerita dari narasumber.
• Membuat pertanyaan yang sesuai dengan pokok cerita.
• Membuat tanggapan terhadap keterangan narasumber.
• Mencatat dan menyampaikan pesan yang diterima.

Materi Pokok

• Keterangan narasumber.
• Ngaregepkeun pesen telepon.

Metoda Pembelajaran

• Demontrasi.
• Ceramah.
• Pemberian tugas


Langkah-langkah Pembelajaran

A. Kegiatan Awal.
• Berdoa, mempersiapkan, materi ajar.
• Mengatur tempat duduk anak.
• Apersepsi.

B. Kegiatan Inti
• Ngaregepkeun katerangan narasumber.
• Nyatetkeun poko-poko caritaan narasumber.
• Ngajukeun pertanyaan anu larap jeung poko-poko caritaan narasumber.
• Mere tanggapan kana katerangan narasumber.
• Maca paguneman dina telepon anu eusina nepikeun talatah.
• Nuliskeun hal-hal pokok tina eta pesen.
• Nyieun rangkuman tina eta paguneman kalawan basa nu bener.

C. Kegiatan Akhir.
• Membuat kesimpulan dari materi yang telah disampaikan.
• Memberikan penilaian dan pemberian PR.

Alat dan Sumber

• Kaset
Telepon.
• Nara sumber
• Buku paket penerbit geger sunten.

Penilaian

Teknik : Tertulis.
Bentuk : Eusian
Isian.


Bahasa Sunda 2a


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Basa Sunda
Kelas/ Semester : 5 (lima) / II (dua)
Pertemuan Ke : 3-4
Alokasi Waktu : 4 X 35 menit
• Standar Kompetensi : Mampu menyimak, memahami serta menanggapi berbagai jenis wacana lisan yang berupa penjelasan narasumber, pesan melalui telefon, dan pembacaan cerita pendek.
I. Kompetensi Dasar : Menyimak pembacaan cerita pendek
II. Indikator :
Ngaregepkeun hiji carita pondok nu keur dibaca
Nerangkeun eusina carita pondok
Nyebutkeun rupa-rupa ngaran sato atawa barang anu luyu jeung gambar
Nyaritakeun deui carita pondok make basa sorangan
III. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat menyimak cerita pendek
IV. Materi Ajar : Cerita pendek
V. Metode Pembelajaran : ceramah, tanya jawab, latihan, penugasan,
VI. Langkah-Langkah Pembelajaran :
Kegiatan Awal
Mengadakan apersepsi dengan mengabsen siswa, kemudian menyanyikan salah satu pupuh.
Untuk membangkitkan motivasi belajar, siswa membaca wacana.
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya mengenai materi pembelajaran.
Kegiatan Inti
Siswa ngaregepkeun hiji carita pondok nu keur dibaca dina jero kagiatan ceramah jeung tanya jawab.
Siswa nerangkeun eusina carita pondok dina jero kagiatan ceramah jeung latihan.
Siswa nyebutkeun rupa-rupa ngaran sato atawa barang anu luyu jeung gambar dina jero kagiatan ceramah jeung panugasan.
Siswa nyaritakeun deui carita pondok make basa sorangan dina jero kagiatan ceramah jeung panugasan.
Kegiatan Akhir
Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
Siswa diberi tugas untuk mendengarkan cerita pendek yang lainnya sebagai tindak lanjut.
VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar : Buku basa Sunda Kelas 4, Piwulang Basa, Cerita pendek, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Balai Pengembangan Bahasa Daerah.
VIII. Penilaian
Teknik
tes dan non-tes
Bentuk
pilihan ganda, isian, dan essay

Instrumen
Cobi regepkeun hiji carita pondok nu keur dibaca !
Terangkeun eusina carita pondok eta !
Sebutkeun rupa-rupa ngaran sato atawa barang anu luyu jeung gambar !
Caritakeun deui carita pondok make basa sorangan !




Bahasa Sunda 2b


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran : Basa Sunda
Kelas/ Semester : 5 (lima) / II (dua)
Pertemuan Ke : 1-2
Alokasi Waktu : 4 X 35 menit
• Standar Kompetensi : Mampu membaca, memahami serta menanggapi berbagai bentuk dan jenis wacana tulis (teks) dengan membaca intensif, membaca puisi, dan membacakan dongeng.
I. Kompetensi Dasar : Membaca dalam hati (maca jero hate)
II. Indikator :
Maca dina jero hate wacana sempalan tina novel bari tuluy diilo
Nyangkeum eusi wacana
Ngajawab pananya anu aya patalina jeung wacana
Nyaritakeun eusi wacana ku basa sorangan
III. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat membaca dalam hati
IV. Materi Ajar : Membaca dalam hati
V. Metode Pembelajaran : ceramah, tanya jawab, latihan, penugasan,
VI. Langkah-Langkah Pembelajaran :
Kegiatan Awal
Mengadakan apersepsi dengan mengabsen siswa, kemudian menyanyikan salah satu pupuh.
Untuk membangkitkan motivasi belajar, siswa membaca wacana.
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya mengenai materi pembelajaran.
Kegiatan Inti
Siswa maca dina jero hate wacana sempalan tina novel bari tuluy diilo dina jero kagiatan ceramah jeung latihan.
Siswa nyangkeum eusi wacana dina jero kagiatan latihan jeung panugasan.
Siswa ngajawab pananya anu aya patalina jeung wacana dina jero kagiatan tanya jawab jeung latihan.
Siswa nyaritakeun eusi wacana ku basa sorangan dina jero kagiatan ceramah jeung panugasan.
Kegiatan Akhir
Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
Siswa diberi tugas untuk membaca wacana lain dalam hati sebagai tindak lanjut kegiatan.
VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar : Buku basa Sunda Kelas 4, Piwulang Basa, Wacana, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Balai Pengembangan Bahasa Daerah.
VIII. Penilaian
Teknik
tes dan non-tes
Bentuk
pilihan ganda, isian, dan essay
Instrumen
Baca dina jero hate wacana sempalan tina novel bari tuluy diilo !
Coba cangkeumkeun eusi wacana !
Jawab pananya anu aya patalina jeung wacana !
Caritakeun eusi wacana ku basa sorangan !



 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes