Rencara Pelaksanaan Pembelajaran ( 2 )
Mata Pelajaran : Bahasa Sunda
Kelas / Semester : 5 ( lima ) / 1
Pertemuan ke : 1 dan 2
Alokasi Waktu : 4 x 35
Standar Kompetensi :
5.2. Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara lisan mengangapi suatu persoalan, berwawancara, mendeskripsikan benda atau alat, menyampaikan pendapat, menyimpulkan isi dialog, memerankan drama pendek.
Kompetensi Dasar
5.2.1.Menaggapi suatu persoalan atau peristiwa.
Indikator
• Ngajelaskeun masalah atawa kajadian di sakola ku basa nu puguh entep seureuhna
• Nyieun tanggapan kana eta pasualan/ kajadian.
• Mere saran atawa komentar dibarengan ku merhatikeun alesan nu kaharti ku akal.
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat :
• Menjelaskan masalah atau peristiwa yang terjadi di sekolah.
• Membuat tanggapan terhadap suatu masalah atau peristiwa.
• Memberikan saran terhadap kejadian tersebut dengan alasan yang masuk di akal.
Materi Pokok
• Kajadian di sakola.
Metoda Pembelajaran
• Ceramah.
• Tanya jawab
• Pemberian tugas
Langkah-langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal.
• Berdoa, mempersiapkan, materi ajar.
• Memeriksa Pekerjaan Rumah..
• Apersepsi.
B. Kegiatan Inti
• Maca atawa merhatikeun hiji pasualan/ kajadian.
• Ngajelaskeun pasualan/ kajadian ku basa nu runtut.
• Nyieun Tanggapan kana eta kajadian atawa pasualan.
• Mere saran jeung solusi kana eta kajadian.
• Ngomentaran kana saran nu diajukeun babaturan.
C. Kegiatan Akhir.
• Membuat kesimpulan dari materi yang telah disampaikan.
• Memberikan penilaian dan pemberian PR.
Alat dan Sumber
• Tek wacana.
• Buku paket penerbit geger sunten.
Penilaian
Teknik : Tes lisan
Bentuk : Kinerja
0 komentar:
Posting Komentar