Senin

Harimau Takut Radio

Baru-baru ini, petani di Malaysia diwajibkan membawa radio berangkat ke ladang. Radio itu harus dinyalakan dengan suara yang keras. Untuk apa? Ternyata, untuk menakut-nakuti harimau! Wan Azali Wan Ali, Direktur Kantor Pelestarian Alam, Negara Bagian Kelantan, Malaysia mengumumkan kewajiban itu. Sebelumnya seorang ibu bernama Mek Jah Semali , diserang harimau saat berjalan pulang dari kebun karet. Untunglah, Ibu itu berhasil mengambil sebatang kayu. Kayu itu dipukul-pukul ke tanah untuk menakutnakuti harimau. Harimau itu lari. Agar kejadian itu tidak terulang, petani diwajibkan untuk membawa radio. Konon, harimau takut pada suara musik, apa pun jenisnya. Apalagi kalau dipasang dengan suara keras. Selain membawa radio, petani juga diminta membersihkan semak belukar agar harimau tidak bersembunyi...

Teks Wawancara Kelas 5

Penari Rudi & Mira : “Selamat sore Ita. Wah, asyik sekali lenggak-lenggok mengikuti irama!” Ita : “Sore ….“ (sembari mematikan tape)”Tumben, jam-jam begini kalian kemari. Biasanya, kan, jika penting saja?” Mira : “Jelas, dong. Kamu bisa menebak maksud kedatangan kami”. Rudi : “Iya coba tebak, kamu sekarang, kan, beda.” Ita: “Udah ah! Ada apa, sih? Penasaran, nih.” Rud i : “Begini, Ta, kami siswa-siswi kelas V SD Harapan 02 ingin mengikuti jejakmu supaya berhasil meraih prestasi yang bagus dalam bidang seni, khususnya tari.” Mira : “Apa kiatmu meraih sukses, Ta?” Ita : “Wuiih, kayak selebritis aja. Aku jadi malu, nih! Kuncinya jawaban pertanyaanmu sudah ada di hati kita masing-masing. Antara lain kemauan, ketekunan, kesungguhan, dan kedisiplinan dalam berlatih. Yang lebih penting...

Bahasa Sunda 1b

Rencara Pelaksanaan Pembelajaran ( 2 ) Mata Pelajaran : Bahasa Sunda Kelas / Semester : 5 ( lima ) / 1 Pertemuan ke : 1 dan 2 Alokasi Waktu : 4 x 35 Standar Kompetensi : 5.2. Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara lisan mengangapi suatu persoalan, berwawancara, mendeskripsikan benda atau alat, menyampaikan pendapat, menyimpulkan isi dialog, memerankan drama pendek. Kompetensi Dasar 5.2.1.Menaggapi suatu persoalan atau peristiwa. Indikator • Ngajelaskeun masalah atawa kajadian di sakola ku basa nu puguh entep seureuhna • Nyieun tanggapan kana eta pasualan/ kajadian. • Mere saran atawa komentar dibarengan ku merhatikeun alesan nu kaharti ku akal. Tujuan Pembelajaran Siswa dapat : • Menjelaskan masalah atau peristiwa yang...

Bahasa Sunda 1a

Rencara Pelaksanaan Pembelajaran ( 1 ) Mata Pelajaran : Bahasa Sunda Kelas / Semester : 5 ( lima ) / 1 Pertemuan ke : 1 sampai dengan 4 Alokasi Waktu : 8 x 35 Standar Kompetensi : 5.1. Mampu menyimak, memahami dan menanggapi berbagai berbagai jenis wacana lisan yang berupa penjelasan dari narasumber, pesan melalui telepon dan membaca cerita pendek. Kompetensi Dasar 5.1.1.Menyimak penjelasan dari narasumber. 5.1.2 Menyimak pesan lewat tatap muka atau telepon dan mencatat pesan. Indikator • Nuliskeun pokok-pokok caritaan sumber. • Nyieun pertanyaan anu larap jeung poko-poko caritaan. • Nyieun tanggapan kana eusi katerangan nara sumber jeung merhatikeun tata basa nu digunakaeun . • Nuliskeun hal pokok tina pesen anu ditepikeun. • Nyieun tanggapan...

Bahasa Sunda 2a

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran : Basa Sunda Kelas/ Semester : 5 (lima) / II (dua) Pertemuan Ke : 3-4 Alokasi Waktu : 4 X 35 menit • Standar Kompetensi : Mampu menyimak, memahami serta menanggapi berbagai jenis wacana lisan yang berupa penjelasan narasumber, pesan melalui telefon, dan pembacaan cerita pendek. I. Kompetensi Dasar : Menyimak pembacaan cerita pendek II. Indikator : Ngaregepkeun hiji carita pondok nu keur dibaca Nerangkeun eusina carita pondok Nyebutkeun rupa-rupa ngaran sato atawa barang anu luyu jeung gambar Nyaritakeun deui carita pondok make basa sorangan III. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat menyimak cerita pendek IV. Materi Ajar : Cerita pendek V. Metode Pembelajaran : ceramah, tanya jawab, latihan, penugasan, VI. Langkah-Langkah Pembelajaran...

Bahasa Sunda 2b

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran : Basa Sunda Kelas/ Semester : 5 (lima) / II (dua)Pertemuan Ke : 1-2Alokasi Waktu : 4 X 35 menit• Standar Kompetensi : Mampu membaca, memahami serta menanggapi berbagai bentuk dan jenis wacana tulis (teks) dengan membaca intensif, membaca puisi, dan membacakan dongeng.I. Kompetensi Dasar : Membaca dalam hati (maca jero hate)II. Indikator : Maca dina jero hate wacana sempalan tina novel bari tuluy diiloNyangkeum eusi wacanaNgajawab pananya anu aya patalina jeung wacanaNyaritakeun eusi wacana ku basa soranganIII. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat membaca dalam hatiIV. Materi Ajar : Membaca dalam hatiV. Metode Pembelajaran : ceramah, tanya jawab, latihan, penugasan, VI. Langkah-Langkah Pembelajaran :Kegiatan AwalMengadakan apersepsi dengan...

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes